TRADISI LEBARAN IDUL FITRI DI DAERAH

Khalifah Andini
oleh: Khalifah Andini

Setiap daerah memiliki tradisi yang bermacam-macam. Salah satunya di daerah tempat saya tinggal yaitu di Karang Jawa. Di tempat tinggal saya setiap lebaran kami memiliki beberapa tradisi, yaitu:
1.    Open House
Setiap rumah di daerah saya ketika lebaran selalu terbuka untuk para tamu yang ingin bersilaturahmi. Biasanya tamu dihidangkan beraneka jenis makanan hingga cemilan untuk dinikmati. Tamu yang datang biasanya adalah keluarga besar dan ada juga tetangga.

2.    Saling Berbagi Makanan Ke Tetangga
Di daerah saya saat lebaran orang masing-masing sibuk membuat masakan untuk dibagikan kepada tetangga dan juga tamu. Di pagi hari saat lebaran orang-orang akan mengantar makanan ke rumah-rumah tetangga.

3.    Menyediakan Amplop Untuk Anak-Anak
Lebaran adalah hari yang sangat menyenangkan, terutama untuk para anak kecil. Karena saat lebaran mereka akan mendapat banyak amplop dari orang dewasa. Jadi, anak-anak di daerah setiap lebaran dia banyak mendapatkan amplop dari rumah-rumah tetangga.

4.    Kumpul-Kumpul Keluarga
Momen lebaran digunakan sebagai tali silaturahmi bagi kebanyakan orang. Karena saat lebaran keluarga dapat berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga yang jauh. 

BACA JUGA: Dapur Istimewa. 
JAVANESE AND BANJARESE BRIDAL GOWN (BUSANA PENGANTIN JAWA DAN BANJAR)

5.    Ziarah Kubur
Sebenarnya ziarah kubur dilakukan bukan saat lebaran saja, hari biasa pun bisa dilakukan. Akan tetapi, saat lebaran kita bisa ziarah kubur bersama anggota keluarga yang lain secara bersama. Sehingga tali persaudaraan terjaga dan bisa mendekatkan hubungan antarsaudara/keluarga.

6.    Saling Bermaafan
Lebaran identik dengan acara maaf maafan. Ketika lebaran orang-orang akan saling maaf maafan. Dan itu sudah menjadi kebiasan untuk kebanyakan orang.

Sekian penjelasan mengenai Lebaran di daerah saya. Bagaimana di daerahmu?
Pendidikan, Semua Info, Wawasan Tradisional,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TRADISI LEBARAN IDUL FITRI DI DAERAH "

Post a Comment

Saran dan masukan Anda adalah kepuasan kami