Tips Hadapi Ngantuk di Kelas Kuliah

Ngantuk?? Wajar lah ya....
Hadapi Ngantuk di Kelas
Ya benar juga sih, tapi apa jadinya jika kalian mengalami ngantuk disaat saat yang tidak tepat? Disaat kuliah misalnya. Selain tidak menangkap materi yang diberiksan oleh dosen kalian juga akan merasa malu jikalau ketahuan tertidur di kelas kuliah kalian. Lalu bagaimana mengatasi nya? Kalian pasti gak mau kan hal tersebut kejadian. Nah kalau begitu kalian harus membaca Tips Hadapi Ngantuk di Kelas Kuliah dari saya agar tidak mudah bosan dan ngantuk saat mendengarkan penjelasan dari dosen.

1.    Perbaiki niat
INNAMAL A’MALU BINNIYAT, ya segala sesuatu tergantung dari niat. Walaupun segala cara telah kalian lakukan agar tidak ngantuk tapi kalian tidak benar benar memiliki niat yang tulus untuk mengikuti perkuliahan, pasti hal hal yang dapat mengganggu proses pembelajaran akan datang salah satu nya ya mengantuk tadi, maka kuatkan lah niat kalian, insya allah kalian akan dimudahkan oleh allah swt. dalam menuntut ilmu.
2.     Tidur di waktu yang cukup

Ya.. jika tidur kalian cukup tentunya kalian akan bangun dengan semangat dan tidak mudah lelah karena waktu istirahat kalian yang telah tercukupi. Yidur yang normal biasanya sekitaran 7 sampai 8 jam. Jika ada orang yang tidur lebih dari 8 jam maka itu sudah termsasuk tidak normal hehe...nah perkara kuliah pasti ada tugas nih, lalu bagaimana jika kita harus menyelesaikan tugas hingga larut malam dan akhirnya waktu tidur harus terkorbankan? Kita akan bahas di tips selanjutnya.
Baca Juga; Cerdas Berekonomis Mahasiswa di Kampus
3.     Makan dan minum sesuatu yang dapat mengurangi rasa ngantuk
Selama ini yang kita tau kopi merupakan minuman yang dapat membuat kita tahan untuk begadang, tapi sebenarnya masih banyak lo makanan lain yang berkhasiat tidak kalah banyak dengan kopi diantaranya adalah buah apel, semangka, coklat hitam, yogurt, dan minum air putih yang cukup. Walau tidak menghilangksan kantuk, setidaknya makanan dan minuman ini dapat  mencegah kamu cepat merasa ngantuk ketika mendengarkn ceramah para dosen kalian.
4.    Posisi duduk
Pilihlah posisi duduk terbaik yaitu yang paling depan karena dengan duduk didepan tentu saja mau tidak mau untuk senantiasa memperhatikan dosen karena kamulah yang paling terlihat. Pastikan agar kamu tidak duduk menyandarkan diri duduklah dengan tegak jika lelah sekali sekali kamu bisa bersandar namun tidak berkelanjutan agar ngantukmu tidak mudah datang.
Baca Juga; Contoh Pesan Singkat Terhadap Dosen di Kampus
5.    Cuci muka
Jika tips diatas sudah kalian lakukan namun nyatanya masih tak mempan cobalah untuk meminta izin kepada dosen untuk keluar dan mencuci muka, karena dengan berbicara, berjalan, dan mencuci muka dengan air dingin dapat menghilangngkan kantukmu hingga 70%.

Demikian tips Hadapi Ngantuk di Kelas Kuliah yang dapat saya berikan semoga bermanfaat dan tetap semangat kuliah dan gapai cita cita kalian ya ^_^

Di Tulis Oleh Minhatul Hasanah Mahasiswa Politeknik Negeri Tanah Laut

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Hadapi Ngantuk di Kelas Kuliah"

Post a Comment

Saran dan masukan Anda adalah kepuasan kami