AMBIL MADUNYA, TAPI JANGAN RUSAK SARANGNYA!

Assalammualaikum kali ini Alijagoan Berbagi mengenai tulisan yang di tulis oleh 'Aidh al-Qarni untuk semuanya. di sini saya hanya menuliskan lagi  bagi teman - teman yang tidak sempat membaca bukunya. jadi teman - teman dapat melihatnya di blog ini sebagai motivasi karena ini di tulis untuk memotivasi. dan 'Aidh al-Qarni selalu mengatakan "LA TAHZAN" Jangan bersedih. mudah - mudahan dengan membaca pesan ini kita semua menjadi semangat lagi. dan judul kali ini adalah AMBIL MADUNYA, TAPI JANGAN RUSAK SARANGNYA!. selamat membaca!.
Dimanapun kelembutan itu berada, ia akan menghiasi tempat itu. Demikian halnya bila  ia dicabut dari suatu tempat, ia akan mengotorinya. Kelembutan tutur kata, senyuman tulus di bibir, dan sapaan-sapaanhangat yang terpuji saat bersuara merupakan hiasan-hiasan yang selalu dikenakan oleh orang-orang mulia.
Semua itu merupakan sifat orang mukmin yang akan menjadikanya seperti seekor lebah; makan dari makanan yang baik dan menghasilkan madu yang baik. Dan bila hinggab pada setangkai bunga, ia tidak pernah merusaknya. Semua itu terjadi karena Allah menganugrahkan pada kelembutan sesuatu yang tidak Dia berikan kepada kekerasaan.
Di antara manusia terdapat orang-orang “istimewa” yang membuat banyak kepala tunduk hormat menyambut kedatanganya, banyak masa berjubel ingin melihat mukanya, banyak hati bersimpati padanya dan banyak jiwa yang memujanya. Dan mereka tak lain adalah orang-orang yang banyak dicintai dan dibicarakan manusia dikarenakan kedermawanan dan kemurahaan hatinya, kejujuranya dalam berjual beli, serta kermahaan dan sopan santunya dalam bergaul.
Mencari bnyak teman merupakan tuntunan dalam hidup yang selalu dicontohkan oleh orang-orang terhormat dikarenakan oleh akhlak dan prilakunya yang terpuji.  Mereka itulah orang-orang yang selalu berada ditengah-tengah kerumunan manusia dengan senyum merekah, keramahan yang menentramkan dan sompan santun yang menyejukan dan karena itu mereka selalu ditanyakan dan di Doakan ketika tak terlihat.
Orang-orang bahagia memiliki tuntunan akhlak yang secara garis besar tercakup dalam selogan:
 "Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, Maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara Dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia". (Q.S Fushshilat: 34)
Begitulah mereka dapat memupus rasa deki dengan emosi yang terkendali, kesabaraan yang menyejukan, dan kemudahaan memaafkan yang menentramkan. Mereka adalah orang-orang yang mudah melupakan kejahantan dan mengingat kebaikan orang lain. Karena itu, tak kala kata-kata kator dan keji terlontar untuk mereka, telinga mereka tidak pernah merah dibuatnya. Bahkan mereka memandang kata-kata itu sebagai anggin lalu yang tak akan pernah kembali.
Mereka itulah orang-orang yang selalu berada dalam kedamaaian, orang-orang yang berada disekitar mereka merasa aman, dan kaum muslimin yang bersama merekapun merasa tentram.
orang muslim adalah orang yang jika orang muslim lainya tidak merasa terganggu oleh lisan dan tanganya. Sedangkan orang mukmin adalah orang yang membuat orang lain merasa aman terhadap darah dan hartanya”. (Al-Hadits)
sesungguhnya Allah memerintahkan ku untuk menyambung tali silaturrahmi pada orang yang telah memutuskan silaturahmi denganku. Aku diperintahkan untuk mengampuni orang yang berlaku zalim terhadapku dan memberi kepada orang yang tidak pernah memberi kepadaku.(Al-Hadits)
Dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan). (Qs. Ali Imran:134)
Sampaikan kabar gembira kepada mereka bahwa balasan Allah atas ketuduhan, ketentraman, dan kedamaaian mereka adalah akan disegerakan.
Sampaikan pula sebuah kabar gembira kepada mereka bahwa mereka juga akan mendapakan balasan besar di akhirat berupa surga-surga dan sungai-sungai yang indah di sisi Rabb mereka kelak. Yakni,
Ditempat yang disenangi di sisi Rabb yang berkuasa. (Qs. Al-Qamar:55).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "AMBIL MADUNYA, TAPI JANGAN RUSAK SARANGNYA!"

Post a Comment

Saran dan masukan Anda adalah kepuasan kami