Pengertian Manajemen Dalam Islam

Secara istilah, sebagaian pengamat mengartikannya sebagai alat untuk merealisasikan tujuan umum. Maka mereka mengatakan bahwa (idarah) /manajemen itu adalah suatu aktifitas khusus menyangkut kepemimpinan, pengarahan, pengembangan personal, perencanaan, dan pengawasan terhadap pekerjaan – pekerjaan yang berkenaan dengan unsur pokok dalam suatu proyek(Mahdi 1997). Tujuannya adalah  hasil yang di targetkan dapat tercapai dengan cara efektif dan efisien.
    Terbangunnya konsep manajemen di sandarkan kepada ketiga dasar pemeikiran pencapaian tujuan, pengambilan keputusan dan pelaksanaan manajemen.
    Manajemen terkandung dalam Alqur’an yakni merenungkan atau memandang kedepan suatu urusan (persoalan), agar perkara itu terpuji dan baik akibatnya, hai ini menderivsikan adanya prinsip – prinsip manajemen yang meliputi keadilan, amanah dan pertanggungjawaban dan komunikatif.
Prinsip manajemen islami;
  1. Keadilan
  1. Amanah dan pertanggungjawaban
  1. Komunikatif (Subron jamil, 2002)

Sabda Rasulullah saw, “kamu lebih mengetahui urusan-urusab dunamu”

    Beberapa prinsip atau kaidan dan teknik manajemen yang ada relevansinya dengan Alqur’an atau Alhadits antara lain sebagai berikut;
  1. Prinsip amar maruf nahi munkar
  1. Kewajiban menegakkan kebenaran
  1. Kewajiban menegakkan keadilan
  1. Kewajiban menyampaikan amanah

Manajemen yang kita kenal sekarang adalah manajemen barat  yang individualis dan kapitalis. Di dalam masyarakat yang individualis, kepentingan bersama dapat ditangguhkan demi kepentingan sendiri di sebabkan meninggalkan nilai – nilai religius yang berdasarkan hubungan tanggung jawab antara manusia dengan Tuhannya, baik mengenai suruhan yang ma’ruf dan pencegahan yang munkar, semata – mata di tunjukkan untuk memenuhi kebutuhannya.
Wassalam.
 pendidikan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Manajemen Dalam Islam"

Post a Comment

Saran dan masukan Anda adalah kepuasan kami