MACAM ISTILAH CEK DALAM BANK

inilah MACAM ISTILAH CEK DALAM BANK yang dapat kita ketahui sebagai beriku;
  1. Cek adalah perintah tertulis dari seseorang yang mempunyai tabungan atau rekening di bank untuk membayar sejumlah uang kepada orang yang membawa cek tersebut dan atau yang namanya di tunjuk pada cek tersebut. Cek berfungsi sebagai alat pemindahan atau perubahan uang giral menjadi uang kartal.
  2. Cek mundur adalah cek yang di beri penanggalan lebih kemudian daripada tanggal penarikannya. Contoh di tarik pada tanggal 1 Januari 2007, tapi di beri tanggal 15 Febuari 2007.
  3. Cek peringatan adalah di tarik oleh peminjam un tuk kreditornya yang di gunakan untuk mengurangi kredit, dan cek itu akan di tebus kembali oleh peminjam pada waktu pembayaran utangnya. Cek peringatan tidak dapat di uangkan.
  4. Cek silang adalah cek yang biasanya pada pojok sebelah kiri atas atau kanan atasnya di beri coretan berupa dua garis sejajar, hal ini di maksudkan sebagai lembaran cek yang telah di isi dengan benar dan sah untuk di dunakan sebagai alat pembayaran, namun tidak dapat di uangkan. Pemegang terakhir dari cek tersebut harus menemui pihak. Penarikannya untuk dapat memperoleh sebelah kiri atau kanan atasnya berfungsi sebagai giro bilyet atau perintah pemindahbukuan dana. Jadi, apabila pemegang terakhir dari cek demikian nasabah dari suatu bank, cek ini dapat digunakan sebagai suatu setoran.
  5. Cek voucer adalah menunjukkan kehususan mengenai suatu pembayaran, seperti tanggal, jumlah, potongan,pengurangan – pengurangan lain, dan nomor faktur atau reverensi lainpada barang – barang atau jasa – jasa yang diterima, ini dapat menggabungkan kepentingan dari suatu cek, suatu tanda terima atau kuantitas formal, dan suatu bukti pengiriman  pembayaran yang dapat di pisahkan.
  6. Cek yang masih beredar adalah cek cek yang telah diisi dengan lengkap dan benar, sudah di catat sebagai pengeluaran, dalam pembukuan cek penariikan cek tersebut pada tanggal jatuh temponya , dan telah di serahkan dan atau dikirim kepada pihak penerima pembayaran, tetapi masih belum diterimaa atau belum dibayarkan ataupun belum dikembalikan kepada penariknya oleh bank pada periode bersangkutan. cek-cek demikian dapat dengan mudah diidentifikasikan, yaitu dengan cara membandingkan laporan bulanan bank kepada nasabah dimaksudkan dengan cek struk yang merupakan bongol dari arsip cek-cek yang telah dikeluarkan oleh nasabah itu, karena cek-cek yang belum di uangkan pada bank tidak akan dijumpai dalam laporan bank.   
  7.  Pendidikan 
Baca Juga : Pengertian Manajemen Dalam Islam

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MACAM ISTILAH CEK DALAM BANK"

Post a Comment

Saran dan masukan Anda adalah kepuasan kami