Kalam Dalam Bahasa Arab (Ilmu Ma’ani) Mengenal Bahasa Arab

 Kalam Dalam Bahasa Arab (Ilmu Ma’ani) Mengenal Bahasa Arab 

Ditulis Oleh: Juhairiyah, S.Thi., M.Ag

Mengenal Bahasa Arab
Bahasa menurut kamus bahasa Indonesia adalah sistem lambang bunyi yang arbitrer, yang digunakan oleh anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasikan diri. Adapun bahasa menurut para ahli yaitu ucapan pikiran dan perasaan manusia secara teratur, yang mempergunakan bunyi sebagai alatnya. Harun Rasyid, Mansyur, dan Suratno mengartikan bahasa ialah stuktur dan makna yang bebas dari penggunanya sebagai tanda yang menyimpulkan tujuan. Begitu pula dengan bahasa Arab, ia merupakan bahasa yang digunakan oleh bangsa yang berada di daerah Jazirah Arab dan Timur Tengah sebagai alat komunikasi dan interaksi mereka sehari-hari. 
Di samping itu, bahasa Arab adalah bahasa al-Qur’an. Sebagaimana diketahui bahwa al-Qur’an adalah kitab suci agama Islam yang berperan sebagai petunjuk dan pedoman bagi para penganutnya. Oleh karenanya umat Islam sudah seharusnyalah mempelajari bahasa Arab guna untuk memahami makna dan pesan-pesan yang terkandung dalam kitab al-Qur’an. 
Ada beberapa alasan mendasar kenapa orang Islam mempelajari bahasa Arab jika dikaitkan dengan bahasa Arab sebagai bahasa Agama, di antaranya adalah:4
  • Bahasa Arab sebagai bahasa ibadah, ritual keagamaan seperti shalat, dzikir, dan lain-lainnya dilakukan dengan menggunakan bahasa Arab.
  • Dengan menguasai bahasa Arab, maka akan dapat memahami al-Qur’an dan Hadis Nabi saw. Di mana keduanya adalah sumber pokok ajaran dan hukum Islam.
  • Dengan menguasai bahasa Arab, maka wawasan kajian Islam akan berkembang karena dapat mengkaji Islam dari kitab-kitab turath (kitab-kitab klasik) yang kaya dengan kajian Islam, dan alasan-alasan lainnya. Adapun ungkapan-ungkapan tentang bahasa Arab itu sendiri di antaranya adalah: 
Adapun ungkapan-ungkapan tentang bahasa Arab itu sendiri di antaranya adalah:5  
تعلموا العربية فانها جزء من دينكم
“Belajarlah bahasa Arab, karena bahasa Arab itu bagian dari Agama kalian (Islam)”
ان اللغة العربية لغة القرأن و لغة اهل الجنة
“Sesungguhnya bahasa Arab adalah bahasa kitab suci al-Qur’an dan bahasa penduduk surga”
أحبوا العرب لثلاث, لأني عربي و القرأن عربي و كلام اهل الجنة عربي
“Cintailah Arab karena tiga hal: karena saya adalah orang Arab, al-Qur’an berbahassa Arab, dan bahasa penduduk surga juga bahasa Arab”
[4]Abdul Hamid, Mengukur Kemampuan Bahasa Arab untuk Studi Islam, (Malang: UIN-Maliki Press, 2010), 3.
[5]Abdul Hamid, Mengukur Kemampuan Bahasa Arab untuk Studi Islam,  3-4

Lanjutan (Sebelumnya) : Kalam Dalam Bahasa Arab (Ilmu Ma’ani) Bab Pendahuluan

Pendidikan


.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kalam Dalam Bahasa Arab (Ilmu Ma’ani) Mengenal Bahasa Arab "

Post a Comment

Saran dan masukan Anda adalah kepuasan kami