Kalam Dalam Bahasa Arab (Ilmu Ma’ani) Bab Pendahuluan

Kalam Dalam Bahasa Arab (Ilmu Ma’ani) Bab Pendahuluan

Pendahuluan
Al-Qur’an merupakan mukjizat terbesar bagi Nabi Muhammad saw. kemukjizatannya terkandung pada aspek bahasa dan isinya. Dari segi bahasa, al-Qur’an mempunyai tingkat fasahah dan balaghah yang sangat tinggi. sedangkan dari aspek isi, pesan dan kandungan maknanya melampaui batas-batas kemampuan manusia. Ketika al-Qur’an muncul, banyak di dalamnya terkandung hal-hal yang tidak bisa ditangkap oleh orang-orang pada zamannya, akan tetapi kebenarannya baru bisa dibuktikan oleh orang-orang pada abad modern.
Balaghah menurut bahasa adalah sampai dan berakhir. Adapun menurut istilah balaghah berarti sifat bagi perkataan dan bagi pembicara. Balaghatul kalam adalah sesuainya perkataan dengan situasi dan kondisi beserta kefasihannya.1  Dengan demikian, ilmu Balaghah adalah ilmu yang mempelajari kefasihan bicara yang meliputi ilmu-ilmu ma’ani, bayan, dan badi’. Ilmu ma’ani adalah ilmu untuk menjaga kesalahan berbicara, ilmu bayan adalah ilmu untuk menjaga pembicaraan yang tidak mengarah kepada tujuannya, sedangkan ilmu badi’ adalah ilmu untuk menghias susunan kalimat.2  
Dengan ilmu ma’ani dapat diketahui keadaan-keadaan perkataan bahasa Arab yang dengan keadaan-keadaan tersebut akan sesuai dengan muqtadhal hal (yakni situasi dan kondisi).3  Dalam ilmu ma’ani tercakup beberapa pembahasan yakni: khabar dan insya, dzikir dan hadzaf, taqdim dan ta’khir, qashar, washal dan fashl, ijaz, ithnab dan musawah. Pada makalah ini, penulis menguraikan salah satu pembahasan pada ilmu ma’ani yakni tentang kalam dalam balaghah yang terdiri dari kalam khabar dan kalam insha’. Sebelumnya akan diuraikan pula tentang pembahasan bahasa Arab dan keunikannya.

[1]Ahmad Sunarto, Kaidah-Kaidah Bahasa Arab,  (Surabaya: Al-Hidayah, 1990), 186.
[2]Abdurrahman al-Ahdhori, Jauharul Maknun, terj. Ahmad Sunarto,, (Surabaya: Mutiara Ilmu, 1995), cet. I, 18.
[3]Ahmad Sunarto, Kaidah-Kaidah Bahasa Arab, 188. 


Pendidikan,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kalam Dalam Bahasa Arab (Ilmu Ma’ani) Bab Pendahuluan"

Post a Comment

Saran dan masukan Anda adalah kepuasan kami